Gerhana Bulan & Matahari

Salah satu fenomena alam yang berhubungan dengan bulan adalah gerhana. Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau bahkan keseluruhan dari penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal ini terjadi pada saat bumi berada di antara bulan dan matahari pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak mampu untuk mencapai bulan yang hal itu dikarenakan oleh sinar matahari tertutup oleh bumi.

Pada banyak peristiwa gerhana bulan, sering kali bulan masih dapat terlihat dengan jelas, bahkan terlihat sangat indah dengan mata telanjang karena tidak berbahaya sama sekali. Dalam beberapa peristiwa gerhana bulan ini warna bulan yang terlihat sering kali berbeda-beda. Bulan bisa tampak berwarna gelap, bisa berwarna jingga, coklat, atau juga berwarna merah tembaga. Hal ini disebabkan dari hasil dibelokkannya sinar matahari yang memiliki spektrum cahaya merah ke arah bulan oleh atmosfir bumi.

Gerhana bulan mempunyai berbagai jenis, jenis-jenis tersebut yaitu:
1. Gerhana bulan total. Pada jenis gerhana ini, bulan akan tepat berada di daerah umbra.
2. Gerhana bulan sebagian. Pada jenis gerhana bulan ini, tidak seluruhnya bagian bulan terhalangi dari matahari oleh bumi. Sedangkan permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra. Hal ini yang menyebabkan hanya sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan.
3. Gerhana bulan penumbra. Pada jenis gerhana bulan ini, seluruh bagian bulan berada di dalam penumbra. Sehingga bulan hanya dapat terlihat dengan warna yang suram.

Image

 Macam-macam Gerhana bulan
Berdasarkan keadaan saat fase puncak gerhana, Gerhana bulan dapat dibedakan menjadi:

1. Gerhana bulan Total
Jika saat fase gerhana maksimum gerhana, keseluruhan Bulan masuk ke dalam bayangan inti / umbra Bumi, maka gerhana tersebut dinamakan Gerhana bulan total. Gerhana bulan total ini maksimum durasinya bisa mencapai lebih dari 1 jam 47 menit.

2. Gerhana bulan Sebagian
Jika hanya sebagian Bulan saja yang masuk ke daerah umbra Bumi, dan sebagian lagi berada dalam bayangan tambahan / penumbra Bumi pada saat fase maksimumnya, maka gerhana tersebut dinamakan Gerhana bulan sebagian.

3. Gerhana bulan Penumbral Total
Pada Gerhana bulan jenis ke- 3 ini, seluruh Bulan masuk ke dalam penumbra pada saat fase maksimumnya. Tetapi tidak ada bagian Bulan yang masuk ke umbra atau tidak tertutupi oleh penumbra. Pada kasus seperti ini, Gerhana bulannya kita namakan Gerhana bulan penumbral total.

4. Gerhana bulan Penumbral Sebagian
Dan Gerhana bulan jenis terakhir ini, jika hanya sebagian saja dari Bulan yang memasuki penumbra, maka Gerhana bulan tersebut dinamakan Gerhana bulan penumbral sebagian.

Gerhana bulan penumbral biasanya tidak terlalu menarik bagi pengamat. Karena pada Gerhana bulan jenis ini, penampakan gerhana hampir-hampir tidak bisa dibedakan dengan saat bulan purnama biasa.

Sedangkan berdasarkan bentuknya, ada tiga tipe Gerhana bulan, yaitu:

  • Tipe t, atau Gerhana bulan total. Disini, bulan masuk seluruhnya ke dalam kerucut umbra bumi.
  • Tipe p, atau Gerhana bulan parsial, ketika hanya sebagian bulan yang masuk ke dalam kerucut umbra bumi.
  • Tipe pen, atau Gerhana bulan penumbra, ketika bulan masuk ke dalam kerucut penumbra, tetapi tidak ada bagian bulan yang masuk ke dalam kerucut umbra bumi.
Image
 

(Pengertian dan Arti Gerhana – Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan) Dalam peredarannya suatu ketika bulan, bumi, dan matahari akan berada pada satu garis lurus. Pada saat seperti itu terjadi gerhana.

Pengertian Gerhana Matahari
(Pengertian Gerhana Matahari) – Gerhana matahari terjadi pada waktu bulan berada di antara bumi dan matahari, yaitu pada waktu bulan mati, dan bayang-bayang bulan yang berbentuk kerucut menutupi permukaan bumi.
Bayang-bayang bulan ada dua bagian, yaitu umbra dan penumbra. Umbra adalah bagian yang gelap dan berbentuk kerucut yang puncaknya menuju ke bumi. Penumbra adalah bagian yang agak terang dan bentuknya makin jauh dari bulan semakin lebar.

Daerah yang berada dalam liputan umbra akan mengalami gerhana matahari total, sedangkan yang berada dalam liputan penumbra mengalami gerhana matahari sebagian. Pada gerhana matahari total akan tampak cahaya korona matahari yang bentuknya seperti mahkota dan semburan gas dari permukaan matahari yang berwarna lebih merah.

Image

Image
 
Berikut ini saya tunjukkan gambar untuk jenis-jenis gerhana matahari.
Imagegerhana matahari cincin
 
Imagegerhana matahari sebagianImagegerhana matahari total
 
 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: